billfath.ac.id
  • 23 Okt 2018 09:15

Matematika merupakan Ilmu tertua setelah Ilmu Filsafat. Sebagai ilmu dasar, matematika banyak menunjang bidang ilmu lain. Matematika banyak digunakan dalam Teknik Mesin, Teknik Informatika, Teknik elektro, Teknik sipil, Fisika, Kimia, Biologi, Kedokteran, astronomi, komputasi dan masih banyak lainnya lagi.

Sebagai contoh masalah pada bidang teknik sipil/bangunan. Jika ingin membangun suatu gedung bertingkat, tentu perlu diperhitungkan tentang besar tiang bangunan yang bisa menahan beban sesuai kebutuhan. Besar tiang dan tebal beton yang terlalu besar, tidak menjadi kekuatan tetapi sebaliknya malah menambah beban bangunan belum lagi biaya yang terlalu besar.

Analisis, Aljabar, kombinatorik, komputasi, statistik dan matematika terapan merupakan kelompok-kelompok besar dalam ilmu matematika. Pada tahun pertama dan kedua mahasiswa akan belajar dasar-dasar dari tiap kelompok tersebut. Untuk tahun ketiga dan keempat mahasiswa akan belajar lebih mendalam pada salah satu kelompok untuk mempertajam pengetahuan.

Sarjana matematika Universitas Billfath disiapkan menjadi tenaga yang handal dalam merumuskan masalah yang dihadapi menjadi model matematika. Dengan bekal pola pikir terstruktur dan analitis yang banyak dilatih pada waktu perkuliahan akan menjadikan lulusan kami mampu memberikan alternatif-alternatif solusi beserta analisisnya.

Pada program sarjana matematika, kita akan banyak memperdalam ilmu matematika dasar yang selanjutnya akan diperkenalkan dengan metode-metode matematika dalam memahami dan menyelesaikan masalah secara umum. Merumuskan masalah menjadi model matematika merupakan keahlian yang penting dikuasai mahasiswa dan dengan kemampuan analisis dan pola pikir yang terstruktur dipadukan dengan wawasan mengenai metode-metode penyelesaian masalah matematis, akan menjadikan mahasiswa siap berkonstribusi aktif dalam menyelesaikan masalah maupun mengembangkan keilmuan baik dalam bidang matematika maupun bidang lain.

 

Ketua Prodi Matematika