1. Visi

Menjadi Program Studi Matematika  yang unggul di bidang keilmuan, penerapan, dan penelitian yang dilandasi nilai kepesantrenan.

 

2. Misi

Misi program studi Matematika FMIPA Universitas Billfath Lamongan antara lain:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang profesional untuk membentuk sarjana matematika yang memiliki keluasan ilmu dan kematangan professional.
  2. Melaksanakan penelitian yang diarahkan untuk mengembangkan dan penerapan matematika.
  3. Mengimplementasikan nilai-nilai keislaman, kepesantrenan, dan keindonesiaan dalam sikap, prilaku, dan proses penyelenggaraan Tri Dharma perguruan tinggi.
  4. Memasyarakatkan matematika melalui kerjasama dengan pihak lain, publikasi hasil penelitian dan pengabdian pada masyarakat berbasis matematikan terapan.

3. Tujuan pendidikan program studi Matematika

Dengan kurikulum yang disiapkan program studi matematika dan muatan nilai-nilai keagamaan serta kepesantrenan, tujuan diselenggarakannya pendidikan program sarjana matematika adalah menghasilkan lulusan yang:

  1. Memahami dan mampu mengkomunikasikan arti penting matematika baik sebagai ilmu murni maupun terapan
  2. Mampu memahami buku, jurnal, artikel matematika sebagai dasar untuk mengembangkan keilmuan matematikanya
  3. Siap untuk melanjutkan studi program magister di universitas ternama
  4. Dapat menjadi pribadi dengan karakter yang patut diteladani di lingkungannya baik dalam etika maupun etos kerja.

4. Profil Lulusan

Profil lulusan Program S-1 Matematika Universitas Billfath Lamongan adalah Sarjana Matematika, akademisi, asisten peneliti, konsultan, praktisi matematika dalam bidang keuangan, wirausaha, ilmu komputer, lingkungan, transportasi, logistik dan industri yang Mandiri, Berakhlakul Karimah, kritis, analitis, mampu dan terampil dalam melaksanakan riset terapan matematika, mampu mengolah sumber daya dengan berlandaskan pada keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, loyal terhadap negara dan nilai-nilai kependidikan yang berbasis kepesantrenan.

5. Peluang Kerja

Matematika merupakan ilmu dasar yang sangat penting untuk perkembangan bidang ilmu lain termasuk teknologi. Banyak peluang kerja baru yang diciptakan oleh matamatikawan dengan gaji yang fantastis bahkan dalam artikel The 25 Best Jobs of 2018 menuliskan matematikawan sebagai pekerjaan dengan gaji tertinggi ditahun 2018. Banyak artikel menyebutkan bagusnya prospek kerja ahli matematika diantaranya 28 Jobs for Math Majors That Offer Awesome Opportunities , Careers in Mathematics dan banyak juga artikel serta buku-buku yang telah dipublikasikan.

Beberapa bidang kerja yang mungkin dapat digeluti oleh sarjana Matematika Universitas  Billfath meliputi: Asisten peneliti, tenaga ahli komputasi, akademisi, tenaga ahli administrasi pemerintah, entrepenuer, konsultan bidang keuangan, industry, transportasi dan logistik. Selain itu, sarjana matematika juga disiapkan untuk dapat melanjutkan studi program magister di universitas ternama.

6. Bidang keahlian

Sarjana matematika universitas Billfath akan diarahkan dalam dua bidang keahlian yaitu bidang keahlian matematika terapan dan matematika komputasi.

a.  Matematika terapan

Matakuliah yang utama dalam program keahlian matematika terapan meliputi : Matematika keuangan, Matematika system dan control, persamaan diferensial Numerik, persamaan beda dan optimasi dinamis. Mata kuliah tersebut merupakan tools/alat yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah diberbagai bidang keilmuan/kerja. Bidang kerja/keilmuan yang digeluti mahasiswa dapat disesuaikan dengan keinginan masing-masing.

b.  Matematika komputasi

Mata kuliah utama dalam program keahlian matematika komputasi meliputi: kecerdasan buatan, kapita selekta pemrograman, system basis data, komputasi matematika dan pemrograman komputer II. Sebagaimana bidang keahlian matematika terapan, mata kuliah pada program keahlian matematika komputasi juga merupakan keahlian umum yang dapat diterapkan pada berbagai bidang keilmuan/kerja. Bidang kerja/keilmuan yang digeluti mahasiswa dapat disesuaikan dengan keinginan masing-masing.