Oleh Aris Alfan

Pada artikel kali ini saya ingin menerjemahkan artikel di buku yang berjudul “101 Careers In Mathematics” yang berisi kumpulan artikel yang ditulis oleh para praktisi matematika (background pendidikan berasal dari jurusan matematika). Pada setiap artikel, mereka menuliskan secara singkat tentang keterkaitan pekerjaan dengan pendidikan yang telah mereka terima. Saya menuliskan artikel ini karena seringkali perusahaan, orang umum bahkan alumni matematika sendiri kurang mengetahui pekerjaan apa yang dapat mereka kerjakan setelah lulus. Secara umum yang mereka ketahui, orang lulusan matematika hanya bisa menjadi guru, dosen dan seputar itu.

OK, langsung saja kali ini saya mencoba menerjemahkan tulisan dari :

Nama                      : Ron Bousquet

Pendidikan         : BA Mathematics (computer science) and MA Mathematics of Postdam College

Posisi pekerjaan   : R&D Project Manager

Perusahaan           : Hewlett-Packard Company

Saya lulus dari Postdam College pada Mei 1989. Setelah itu langsung bekerja untuk Hewlett-Packard Company (perusahaan komputer yang biasa kita kenal dengan HP) sebagai teknisi pengembangaan software.

Bekerja pada bagian tersebut dapat dengan mudah ditebak seberapa banyak pendidikan yang saya peroleh diperlukan. Pada enam bulan pertama, saya merasa sangat jelas diperlukannya pendidikan saya pada bidang matematika dari pada pelajaran dalam komputer sains.

Proyek besar yang saya kerjakan pertama kali adalah membantu dalam mengembangkan sistem pencarian informasi (basic information retrieval system). Pada tugas tersebut melibatkan banyak penemuan-penemuan baru yang berarti saya harus banyak artikel/jurnal teknik dan mengkombinasikannya dengan konsep-konsep dari berbagai macam bidang terkait retrieval system. Pendidikan saya dalam bidang matematika sangat membantu saya dalam memahami artikel-artikel tersebut. Banyak artikel yang berisi algoritma yang kurang lengkap dan bahkan tidak akurat pun dapat saya selesaikan dari pengetahuan matematika yang saya punya.

Tetapi permasalahan yang saya temui di lapangan tidak sesimpel seperti yang saya pelajari di bangku kuliah. Matematika mengajarkan saya bagaimana untuk belajar. Dengan matematika saya mampu belajar dengan sedikit atau tanpa didampingi, mengerti suatu jurnal, artikel, textbook, buku manual dan bagaimana mendapat informasi yang saya perlukan. Dan ketrampilan untuk menghadapi sesuatu yang baru tersebut merupakan hal yang sangat penting di dunia kerja agar bisa bekerja lebih produktif dimana hal tersebut sangat beda dengan profesi sebagai seorang guru yang bisa menyiapkan segalanya sebelum mengajarkannya.

Sampai saat ini saya masih bekerja ditempat yang sama sebagai R&D Project Manager. Selain mencari solusi untuk mengembangkan software, sekarang saya juga membawahi beberapa teknisi lain yang mengerjakan pekerjaan. Sekali lagi saya rasa background pendidikan saya merupakan asset penting bagi saya untuk technical management. Pendidikan saya dalam komputer sains dan pengalaman telah memberikan saya technical foundation yang kuat ketika background matematika saya bisa memberikan rangka analisis yang memberikan informas untuk membuat suatu keputusan penting.